Selasa, 05 April 2011

balada orang pinggiran

yang kita tau itu jakarta itu kota metropolitan kota yang udah maju teknologi nya kota yang gak pernah tidur kota dimana dalam nya banyak orang orang berkalangan atas . hidup untuk berbisnis hidup untuk berfoya-foya . di sudut mana pun ada tempat hiburan , gedung pencakar langit dimana-mana , kendaraan lalu lalang yang mewah-mewah hemm metropolis . anak sekolah bosen sekolah  orang sukses salah jalan korupsi , dewan dean perwakilan rakyat yang bekerja dengan fasilitas yang memadai banget malah lebih . kaya yang kita tau di jakarta banyak mall , punya gak punya uang jalan ke mall nongkrong sana-sini habisin uang buang waktu yang ada . sedikit di zoom deh kota metropolitan ini .






buka mata kaji lagi lebih jauh potret orang-orang pinggiran jakarta yang mengadu nasib di sini . gue sendiri pun gak pernah ngebayangin kalo gue tinggal di tempat sekumuh itu jelas jangan untuk istirahat masuk aja pasti rasanya gak akan nyaman . kalo gue bayangin gue dan keluarga gue bertukar poosisi seperti mereka ya allah pasti gue ngerasa tuhan itu gak adil sama gue . gue tinggal di tempat kumuh sama keluarga gue di rumah yang gak layak untuk di tepatin . ketika matahari terbit saatngebuka mata mereka gak kaya kita , gue kalo bangun tidur bergegas buat siap sekolah , bokap gue kerja nyokap gue ngurus rumah . tapi kalo mereka , mereka beda dari kita . pagi-pagi buta mereka udah bangun buat nyari sesuap nasi . anak kecil udah stay di lampu merah sambil bawa kecrekan atau gitar kecil dari mobil ke mobil yang lagi nunggu lampu ijo mereka jual suara mereka yang apa adanya berharap yang punya kendaraan mau ngebuka jendela kaca mobil mereka untuk kasih barang seratus lima ratus perak , tanpa alas kaki make baju yang gak layak nahan terik matahari yang nyengat banget . seharusnya mereka ada di bangku sekolah sama seperti hal nya gue yang seorang pelajar . tapi balik liat mereka yang ada di sekolah di bangku meja sekolah banyak dari mereka yang selalu ngeluh kalo di kasih tugas , tidur dijam pelajaran , cabut jam pelajaran malah sampe sampe cabut sekolah , sepatu keren tas keren seragam oke uang jajan banyak , sebanding apa enggak sama pengamen di pinggir jalan ? termasuk gue termasuk kategori pelajar yang gampang ngeluh . kenapa mereka gak kaya gue ? bisa ngerasain rasanya duduk di bangku sekolah make baju bagus sepatu bagus tas bagus belajar tanpa harus panas-panasan .


terus di jalanan kita pengen banget gunain fasilitas itu dengan nyaman contoh nya di jalan siapa yang gak risih kalo liat sampah semua orang pasti benci sampah tapi kita adalah pelaku dari penyebab lingkunagn kotor . siapa pahlawan yang rela ngebersihin jalanan dari sampah ? mereka tukang sapu jalanan , berdiri jalan sambil nyapu ngelawan panas nya terik matahari belom agi polusi kendaraan , beda sama nyokap gue walaupun nyokap gak kerja (ibu rumah tangga) tapi pekerjaan nyokap di rumah gak seberat mereka . tuakang parkir . pengemis , pencopet pengamen , tukang sapu tukang sampah dll . pekerjaan mereka cuma di pandang sebelah mata , kita gak perduli dengan mereka yang kita tau mereka cuma rakyat kecil orangorang yang merantau orang kampung atau segala macem . tapi pekerjaan mereka jauh lebih mulia di banding kita yang hidup udah berkecukupan tapi masih mau lebih lebih dan lebih , orang orang jalanan sama derajat nya sam kita sebenernya . mungkin dari beberapa mereka ada yang berperilaku menyimpang hmm itu juga karena latar kehidupan mereka . tapi mereka ngejalanin semua itu dengan tulus lapang dada ikhlas bersabar setiapa tetes keringet mereka di sambut dengan snyum manis bukan sebuah kalimat keluh kesah . gue juga sih cuma bisa iba gue pengen nolong bantu mereka tapi apa boleh buat gue harus apa ? hmm berdoa supaya saudara saudara gue yang kurang beruntung tetep di kasih ketabahan . dan gue harus ngambil hikmah beljar dari mereka , liat ke bawah jangan terus liat ke atas kata pepatah karena di atas langit masih ada langit . balada orang pinggiran nasib yang gak pernah mereka ingin kan tetapi masih saja mereka jalankan . dan mereka pun juga berhak nikmatin hidup walaupun banyak dengan cara yang salah . :)

1 komentar:

  1. baguslah.... kalo dah ngerti.... kehidupan orang-2 pinggiran, ada dua hal yang di tawarkan dengan 1 tujuan yang sama di dunia ini....., hidup senang atau hidup susah... dari sana ngga lepas juga dari kemauan kita buat memilihnya....
    senang cenderung ke arah.. kesombongan, susah cenderung kearah berbuat jahat... jadi apa optionya,
    biasakan untuk merenung.. tentang perjalanan hidup ini... bicarakan dengan hati dan orang-2 yang mengerti tentang tujuan hidup...

    biarkan hati menangis untuk membersihkan debu-2 kotor di hati kita...agar kita bisa melihat... makna hidup ini... sebelum waktu mati

    BalasHapus